Home Top Ad

Cara Mudah Mengembalikan Tampilan Editor WordPress dengan Plugin Classic Editor

Share:
Cara Mudah Mengembalikan Tampilan Editor WordPress dengan Plugin Classic Editor ~ Beberapa waktu yang lalu secara sengaja ikut mengupdate Versi Wordpress yang semakin hari semakin Powerfull dengan CMS nya. Namun dibeberapa fitur yang diupdate, saya menemukan sesuatu perubahan yang sangat menyita perhatian sekaligus mengubah kebiasaan untuk melakukan posting di Wordpress tersebut dimana pada tampilan Editor berubah menjadi Block Editor seperti pada tampilan berikut.

Ternyata ini terjadi pada Wordpress versi 5 dengan fitur Editor Classic dihapus, ini mungkin disesalkan sebagian besar pengguna Wordpress :-D karena tentunya sudah nyaman dengan tampilan editor sebelumnya. Setelah browsing sana-sini akhirnya ketemu Plugin yang sudah disediakan Wordpress untuk menikmati tampilan Editor seperti sedia kala. Berikut langkah mengaktifkannya:

Install Plugin Classic Editor
1. Klik menu Plugin > Add New

2. Ketikkan Classic Editor dimenu pencarian, lalu tekan install. Setelah install selesai, jangan lupa Aktifkan.

3. Cek melalui menu Post > Add New, untuk memastikan bahwa plugin classic editor berjalan dengan baik.

4. Bila ingin mengubah tampilan Classic menjadi Block Editor dapat mengubahnya pada menu Settings > Writing tanpa harus melakukan penghapusan/nonaktifkan Plugin Classic Editor.

Begitulah kira-kira solusi tampilan Editor Wordpress yang sempat berubah akibat perubahan versi, semoga dapat membantu. Selamat mencoba.


Salam

4 comments:

  1. Terimakasih kak atas artikelnya. Informasi ini sangat bermanfaat bagi saya dan mudah dipahami.semangat terus kak dalam berkarya dan semoga sukses
    Perkenalkan nama saya Ismoyo Budiutomo dari ISB Atma Luhur

    ReplyDelete
  2. waah mantap kak infonya jadi nambah2 ilmu nih .. sukses selalu buat kakak ya.
    perkenalkan nama saya Khaled Nafis Ramadhani
    saya dari ISB Atma Luhur
    terimakasih kak .. sukses selalu. Salam budi luhur.

    ReplyDelete

Setiap komentar Anda sangat berarti sekali untuk Blog Efriaman agar bisa menjadi lebih baik kedepannya. Berkomentarlah dengan baik demi kenyamanan bersama.

Tak ada yang bisa saya berikan selain ucapan terima kasih karena telah memberikan apresiasi terhadap artikel-artikel dan tulisan di Blog Saya ini.

Peringatan! Saya tidak pernah melarang untuk menggunakan pengguna Anonim namun setidaknya gunakanlah akun Anda atau minimal nama dan URL. No SARA, SPAM dan Sejenisnya !!