4.4.17

Pengertian Kabel IDE dan SATA Serta Fungsinya

Mungkin bagi rekan-rekan yang sudah tahu tentang arti kabel IDE atau SATA tulisan ini tidak begitu menarik, tapi mungkin untuk anak-anak sekolah khususnya Teknik komputer jaringan, mungkin tulisan ini menjadi penting karena menyangkut dengan pelajaran yang dipelajari.

Kabel IDE

Enhanced  Integrated Drive Electronic ( EIDE) merupakan sebuah kontroler harddisk yang paling umum karena pemakaian sudah lama dari tahun 1990an. Harddisk IDE masih menggunakan kabel PATA (paralel  ATA). Untuk kabel ATA 100 mendukung transfer data hingga 100 mbps, sedangkan ATA 133 mendukung transfer data hingga 133 mbps. didalam mainboard digunakan dua kabel IDE yang menancap pada dua konektor yang disediakan oleh mainboard, untuk IDE1 disebut dengan primary, sedangkan untuk IDE2 disebut secondary. dan tiap konektornya mempunyai dua alat yaitu master dan slave.lain kali saya akan menulis cara membuat master atau slave pada harddisk.




Kabel SATA

Serial Ata (SATA). generasi yang pertama adalah Sata 150 yang mendukung transfer data sampai 150 mbps,untuk pemakaian biasa tidak ada performa yang signifikan antar PATA dan SATA. Harddisk sata tidak menggunakan konfiguurasi jumper slave/master.



 

1 comments:

Setiap komentar Anda sangat berarti sekali untuk Blog Efriaman Harefa agar bisa menjadi lebih baik kedepannya. Berkomentarlah dengan baik demi kenyamanan bersama.

Tak ada yang bisa saya berikan selain ucapan terima kasih karena telah memberikan apresiasi terhadap artikel-artikel dan tulisan di Blog Saya ini.

Peringatan! Saya tidak pernah melarang untuk menggunakan pengguna Anonim namun setidaknya gunakanlah akun Anda atau minimal nama dan URL. No SARA, SPAM dan Sejenisnya !!