Home Top Ad

Script Menghapus Session User Manager Mikrotik Dengan Cepat

Share:
Script Menghapus Session User Manager Mikrotik Dengan Cepat ~ Beberapa bulan terakhir ini sering kali melakukan settingan Hotspot untuk berbagai kebutuhan baik itu disekolah-sekolah, kantor maupun perusahaan. Namun kadang-kadang juga kita mengalami beberapa kendala yang tentunya bervariasi sesuai dengan terapan dilapangan dalam menggunakan fitur-fitur Mikrotik. Bukan Mikrotiknya yang tidak bagus sampai ada kendala tapi karena aku aja yang masih sangat baru atau istilah keren newbie tentang settingan mikrotik yang menyebabkan banyak masalah... heheheh :-D

Salah satu kendala yang saya alami yaitu tentang tidak lancarnya pengguna ketika melakukan Login ke Hotspot yang telah disediakan oleh karena salah satu faktor masalah Session di User Manager. Maka untuk solusinya maka saya harus melalukan penghapusan Session pada User Manager sebagai salah satu langkah untuk mengatasi hal-hal yang saya alami tadi. Nah karena jumlah Sessionnya banyak maka akan memakan waktu yang banyak juga untuk menghapusnya, bayangkan saja bila tiap hari rata-rata pengguna bisa 100-150 akun dipakai belum lagi bila berulang dia login dan logout, ini akan menghasilkan Session di User Manager yang tidak sedikit.


Berkat browsing sana sini maka saya mendapat Script yang menurut saya sangat bagus untuk memangkas waktu kita dalam menghapus Session tadi, berikut Scriptnya.

:foreach i in=[/tool user-manager session find] do { /tool user-manager session remove $i; }


Cara melakukannya, cukup masuk ke Mikrotik melalui Winbox - Terminal dan copy pastekan Script diatas dan Enter. Dalam hitungan detik, Session di User Manager Mikrotik kita akan terhapus. 

Tentu Script ini bisa dikembangkan agar bisa berjalan Otomatis di Mikrotik sesuai kebutuhan dan masalah yang kita hadapi, nanti dipostingan berikutnya akan saya share. 


oh ya, Script ini sebenarnya sudah banyak bertebaran di Internet, ini bukan hal yang baru. :-D heheheh

Terima kasih




1 comment:

Setiap komentar Anda sangat berarti sekali untuk Blog Efriaman agar bisa menjadi lebih baik kedepannya. Berkomentarlah dengan baik demi kenyamanan bersama.

Tak ada yang bisa saya berikan selain ucapan terima kasih karena telah memberikan apresiasi terhadap artikel-artikel dan tulisan di Blog Saya ini.

Peringatan! Saya tidak pernah melarang untuk menggunakan pengguna Anonim namun setidaknya gunakanlah akun Anda atau minimal nama dan URL. No SARA, SPAM dan Sejenisnya !!