17.5.17

AntiVirus Penangkal Virus Ransomware (WannaCry 1 dan Wanna-Cry 2.0) | Anti-Ransomware

AntiVirus Penangkal Virus Ransomware (WannaCry 1 dan Wanna-Cry 2.0) | Anti-Ransomware ~ Ransomware merupakan sejenis malicious software atau malware yang menyerang komputer korban atau mengenkripsi semua fail yang ada sehingga tidak bisa diakses kembali. Ransomware ini disebut Wannacry. Wannacry ransomware mengincar PC berbasis Windows yang memiliki kelemahan terkait fungsi SMB yang dijalankan di komputer tersebut. 


Pada saat ini tengah terjadi serangan siber di berbagai negara, dan tidak terkecuali terjadi di negara kita dimana telah ada indikasi serangan terhadap komputer pribadi maupun beberapa sistem layanan umum. Menghadapi hal ini, Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia merilis siaran pers tentang serangan teroris siber, Senin, 13 Mei 2017. Berdasarkan siaran pers yang diunggah Biro Humas Kemenkominfo itu, serangan siber yang menargetkan sumber daya sangat penting (critical resource) itu telah menyerang beberapa negara termasuk Indonesia.

Berdasarkan laporan yang diterima Kemenkominfo, ransomware telah menyerang Rumah Sakit Harapan Kita dan Rumah Sakit Dharmais. “Dengan adanya serangan siber ini kami minta agar masyarakat tetap tenang dan meningkatkan kehati-hatian dalam berinteraksi di dunia siber,” kata Semuel. Siaran pers juga menyebutkan bahwa semua komputer yang berada pada jaringan yang sama dan tersambung ke internet memiliki potensi terinfeksi oleh Ransom Wannacry. Komputer yang terinfeksi akan memunculkan tampilan berupa dana tebusan agar fail yang dibajak bisa dikembalikan secara normal. Dana tebusan berupa pembayaran dengan bitcoin yang setara dengan 300 Dollar Amerika. Wannacry memberikan tenggat pembayaran dan alamat bitcoin untuk pembayaran.

Ditengah-tengah kegelisahan pengguna akan bahaya malware tersebut, maka beberapa Tim pembuat antivirus pun bergerak cepat untuk menangkal perkembangan virus tersebut, salah satunya Antivirus Lokal buatan anak Negeri Indonesia yaitu SMADAV. Pada tanggal 15 Mei 2017 merilis Smadav 2017 Rev. 11.3.5 dan disusul Smadav 2017 Rev. 11.4 dengan pembanambahan beberapa fitur antara lain : + Penambahan database 404 virus, + Peningkatan kemampuan Anti-Ransomware untuk pencegahan Ransomware (WannaCry 1 dan Wanna-Cry 2.0), + Penggunaan resource CPU lebih ringan saat proteksi aktif, dan + Perbaikan kesalahan program (bug) dan kesalahan deteksi. Untuk mendapatkan Antivirus SMADAV maka cukup mengunjungi website resminya, disana kita bisa mendapatkan antivirus SMADAV baik yang FREE maupun yang PRO. 
Next
This is the most recent post.
Older Post

0 comments:

Post a Comment

Setiap komentar Anda sangat berarti sekali untuk Blog Efriaman Harefa agar bisa menjadi lebih baik kedepannya. Berkomentarlah dengan baik demi kenyamanan bersama.

Tak ada yang bisa saya berikan selain ucapan terima kasih karena telah memberikan apresiasi terhadap artikel-artikel dan tulisan di Blog Saya ini.

Peringatan! Saya tidak pernah melarang untuk menggunakan pengguna Anonim namun setidaknya gunakanlah akun Anda atau minimal nama dan URL. No SARA, SPAM dan Sejenisnya !!