Home Top Ad

Costumize Background Website Sekolah (CMS Balitbang) Secara Manual

Share:
CMS Balitbang merupakan sebuah Content Management System yang dibangun oleh Balitbang Kemdikbud RI untuk digunakan sekolah dalam membuat websitenya. CMS Balitbang ini sangat memanjakan para pengelola website sekolah dimana fiturnya yang hampir sempurna, dimulai dari liputan berita, artikel, database guru dan pegawai, profil sekolah, kalender akademik, bank silabus, bank soal-soal latihan dan berbagai fitur lainnya, yang semata-mata bisa dimanfaatkan sekolah secara gratis.

Costumize Background Website Sekolah (CMS Balitbang) Secara Manual
Costumize Background Website Sekolah (CMS Balitbang) Secara Manual


Pada kesempatan kali ini, saya ingin share cara memodifikasi secara manual Gambar Background Website Sekolah, dan ini juga sesuai dengan permintaan beberapa teman-teman saya yang sudah mengikuti PPWS (Pelatihan Pembuatan Website Sekolah) yang juga dilaksanakan oleh Balitbang Kemdikbud RI dengan GRATIS. Sebenarnya memodifikasi ini juga bisa dilakukan pada saat kita membuat Template baru menggunakan Artisteer, tapi saya tidak focus kesana cukup menggunakan template bawaan saja dan kita modifikasi sesuai dengan keinginan kita.

Langkat Pertama :

Perhatikan folder template yang sedang digunakan : buka di lib/config.php, klik kanan Edit menggunakan Notepad atau Notepad++.
Cari baris $alan = "../temp/merdeka_bawah/"; biasanya sekita baris 22.
Catatan : merdeka_bawah merupakan folder template yang sedang kita gunakan yang ada di Folder temp.

Langkah Kedua :
Buka Folder  temp/merdeka_bawah/  , Copy gambar yang akan kita gunakan sebagai background ke Folder images. Bisa gunakan gambar batik ini juga, Donwload : “background-batik.jpg

Langkah Ketiga :
Buka folder temp/merdeka_bawah/ , pada file style.css klik kanan Edit menggunakan Notepad atau Notepad++.

cari baris berikut, biasanya ini urutan paling atas :


body
{
margin: 0 auto;
padding: 0;
background-color: #FFFFFF;
background-image: url('images/Page-BgTexture.jpg');
background-repeat: repeat;
background-attachment: scroll;
background-position: top center;
}


Ganti url('images/Page-BgTexture.jpg'); dengan url('images/ background-batik.jpg'); dan Simpan.

background-batik merupakan nama file gambar yang telah kita copy tadi.

Refresh halaman dan lihat perubahannya. Ini juga bisa kita ganti2 sesuai dengan gambar yang kita inginkan. Dan bisa juga dikreasikan lebih mantap lagi dengan memperhatikan fungsi-fungsi pada file style.css tersebut. Selamat mencoba … 

Bagi yang jenuh dengan tampilan website bawaan nya, mungkin bisa mencoba Template yang sudah saya buatkan, baca tulisan saya sebelumnya : Download Template Website Sekolah CMS Balitbang Kemdikbud RI Tahun 2014

Maaf ya, bahasanya agak kacau dikit, maklum sekacau orang nya juga,… heheheh

1 comment:

Setiap komentar Anda sangat berarti sekali untuk Blog Efriaman agar bisa menjadi lebih baik kedepannya. Berkomentarlah dengan baik demi kenyamanan bersama.

Tak ada yang bisa saya berikan selain ucapan terima kasih karena telah memberikan apresiasi terhadap artikel-artikel dan tulisan di Blog Saya ini.

Peringatan! Saya tidak pernah melarang untuk menggunakan pengguna Anonim namun setidaknya gunakanlah akun Anda atau minimal nama dan URL. No SARA, SPAM dan Sejenisnya !!