Home Top Ad

Cara Blokir SMS Penipuan

Share:

Cara Blokir SMS Penipuan ~ Sebagai orang Indonesia anda tentu sering menerima SMS tak jelas yang mengatasnamakan perusahaan akrena menang undian atau bahkan SMS ‘Mama minta pulsa’ bukan? Berikut ini cara memblokir bahkan dapat berujung pada penonaktifan nomor yang pelaku oleh provider GSM.

Seperti yang resmi diterbitkan oleh Divisi Humas Mabes Polri, inilah cara memblokir sekaligus melapor nomor ponsel yang digunakan untuk aktifitas penipuan:

Telkomsel. Kirim SMS dengan format:
penipuan#nomor penipu#isi SMS tipuan
Kirim ke 1166.

XL. Kirim SMS dengan format:
Lapor#Nomor yg di gunakan utk menipu#kasus yg di keluhkan
Kirim ke 5883.

INDOSAT. Kirim SMS dengan format:
SMS(spasi)Nomor pengirim SMS penipuan(spasi)isi SMS penipuan
Kirim SMS ke 726.

Apabila ada dua pelapor maka pihak provider yang bekerjasama dengan aparat akan memblokir nomor pelaku secara permanen dan segera mengusut serta menangkap sindikat penipuan. Tetapi alangkah baiknya anda selalu mawas diri dan berhati-hati tanpa menyinggung perasaan orang lain, jangan-jangan anda malah mengira bukan penipu sebagai penipu, atau pun sebaliknya.

No comments

Setiap komentar Anda sangat berarti sekali untuk Blog Efriaman agar bisa menjadi lebih baik kedepannya. Berkomentarlah dengan baik demi kenyamanan bersama.

Tak ada yang bisa saya berikan selain ucapan terima kasih karena telah memberikan apresiasi terhadap artikel-artikel dan tulisan di Blog Saya ini.

Peringatan! Saya tidak pernah melarang untuk menggunakan pengguna Anonim namun setidaknya gunakanlah akun Anda atau minimal nama dan URL. No SARA, SPAM dan Sejenisnya !!