12.4.17

Cara Mudah untuk Beradaptasi dengan Tim Baru

Cara Mudah untuk Beradaptasi dengan Tim Baru ~ Bekerja dengan baik dalam sebuah tim merupakan elemen yang penting di tempat kerja, dan beradaptasi dengan tim baru merupakan hal yang tidak mudah. Membuat kesan pertama yang positif adalah langkah pertama untuk membentuk hubungan kerja yang positif untuk selanjutnya dapat berintegrasi secara penuh di dalam tim. Berikut adalah beberapa tips untuk mempermudah Anda beradaptasi dengan tim baru.

Menjadi seorang pengamat: Untuk dapat secara sukses beradaptasi dengan tim baru, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengamati peran setiap anggota tim and dinamika di dalamnya. Amati apakah ada ritual tertentu dalam tim, seperti istirahat coffee break pada jam tertentu dan mencoba membantu ketika waktu tersebut datang di kemudian hari. Cara terbaik untuk beradaptasi dengan tim baru adalah dengan ikut serta dengan dinamika yang sudah ada dan hubungan kerja yang memang sudah terbentuk sebelumnya. Jika tim tersebut baru saja terbentuk, maka Anda disarankan untuk berdiskusi mengenai tujuan dari tim, metode komunikasi yang digunakan, dan putuskan apakah Anda memiliki kebiasaan tertentu.

Mengenali setiap anggota tim: Secara alami Anda akan merasa lebih cocok dengan sebagian anggota tim daripada anggota lainnya. Sangat penting bahwa sejak awal Anda berusaha untuk kenal dengan setiap anggota dan menghindari hanya bergaul dengan anggota yang Anda rasa lebih nyaman untuk diajak bicara. Jika Anda tidak berusaha sejak awal, maka akan semakin sulit untuk membangun ikatan dengan anggota lainnya di masa yang akan datang.

Melakukan kewajiban Anda: Sayangnya menjadi anggota baru berarti Anda harus melakukan kewajiban lebih banyak. Mengajukan diri untuk mengerjakan tugas, khususnya pekerjaan yang tidak ingin dilakukan oleh siapapun. Tawarkan kopi kepada anggota lain ketika Anda membuat untuk diri Anda sendiri dan tawarkan bantuan kepada rekan kerja yang sedang menghadapi deadline ketat dan membutuhkan bantuan.

Puji orang lain ketika mereka melakukan pekerjaan mereka: Bagian dari menjadi bagian dari tim adalah mengenali kontribusi dari rekan lainnya. Bahkan ketika Anda mengerjakan sebagian besar pekerjaan dari sebuah proyek, puji anggota tim lainnya yang telah membantu pekerjaan Anda. Hal ini menunjukkan bahwa Anda berkomitmen atas kesuksesan seluruh tim dan bukan hanya kepada ambisi pribadi Anda.

Ikut serta dalam aktivitas grup: Jika tim baru Anda bertemu sebulan sekali untuk berkumpul setelah bekerja, coba ikut serta sesering mungkin. Seluruh aktivitas grup atau acara sosial merupakan sebuah kesempatan yang baik untuk mengenal rekan kerja Anda di luar jam kerja. Hal ini juga dapat membantu membangun hubungan kerja yang baik ketika orang lain merasa nyaman dengan Anda di luar kantor.

Meminta masukan: Jika Anda baru dalam sebuah ti, mungkin Anda perlu menanyakan kepada tim apakah metode utama komunikasi yang digunakan dan apa harapan yang mereka miliki. Sangat meungkinkan untuk bertanya kepada manajer tim mengenai diri Anda sambil Anda berusaha untuk menguasai peran Anda di dalam tim.

Cari tahu cara Anda menyesuaikan diri: Bagian dari memiliki tim dengan dinamika yang baik adalah dengan mempelajari kepribadian,keahlian, dan kemampuan fisik setiap orang dalam tim. Sangat disarankan bagi Anda untuk tidak masuk ke dalam tim dan secara tiba-tiba berusaha mengubah cara tim tersebut mengerjakan sesuatu. Kenali peran setiap anggota dan gunakan keahlian Anda untuk mengisi posisi yang kosong. Sangat penting untuk mengetahui dimana posisi Anda dalam tim agar Anda merasa memberi kontribusi yang berarti.

Beradaptasi dengan sebuah tim di tempat kerja mungkin saja tidak mudah. Dengan mengamati dinamika tim, menunjukkan komitmen dan menggunakan taktik dasar Anda akan mampu untuk beradaptasi dengan tim baru Anda secara cepat.



JobStreet.com Indonesia

0 comments:

Post a Comment

Setiap komentar Anda sangat berarti sekali untuk Blog Efriaman Harefa agar bisa menjadi lebih baik kedepannya. Berkomentarlah dengan baik demi kenyamanan bersama.

Tak ada yang bisa saya berikan selain ucapan terima kasih karena telah memberikan apresiasi terhadap artikel-artikel dan tulisan di Blog Saya ini.

Peringatan! Saya tidak pernah melarang untuk menggunakan pengguna Anonim namun setidaknya gunakanlah akun Anda atau minimal nama dan URL. No SARA, SPAM dan Sejenisnya !!