Cara Mudah untuk Beradaptasi dengan Tim Baru ~ Bekerja dengan baik dalam sebuah tim merupakan elemen yang penting di
tempat kerja, dan beradaptasi dengan tim baru merupakan hal yang tidak
mudah. Membuat kesan pertama yang positif adalah langkah pertama untuk
membentuk hubungan kerja yang positif untuk selanjutnya dapat
berintegrasi secara penuh di dalam tim. Berikut adalah beberapa tips
untuk mempermudah Anda beradaptasi dengan tim baru.
Menjadi seorang pengamat: Untuk dapat secara sukses
beradaptasi dengan tim baru, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah
mengamati peran setiap anggota tim and dinamika di dalamnya. Amati
apakah ada ritual tertentu dalam tim, seperti istirahat coffee break
pada jam tertentu dan mencoba membantu ketika waktu tersebut datang di
kemudian hari. Cara terbaik untuk beradaptasi dengan tim baru adalah
dengan ikut serta dengan dinamika yang sudah ada dan hubungan kerja yang
memang sudah terbentuk sebelumnya. Jika tim tersebut baru saja
terbentuk, maka Anda disarankan untuk berdiskusi mengenai tujuan dari
tim, metode komunikasi yang digunakan, dan putuskan apakah Anda memiliki
kebiasaan tertentu.
Mengenali setiap anggota tim: Secara alami Anda akan
merasa lebih cocok dengan sebagian anggota tim daripada anggota
lainnya. Sangat penting bahwa sejak awal Anda berusaha untuk kenal
dengan setiap anggota dan menghindari hanya bergaul dengan anggota yang
Anda rasa lebih nyaman untuk diajak bicara. Jika Anda tidak berusaha
sejak awal, maka akan semakin sulit untuk membangun ikatan dengan
anggota lainnya di masa yang akan datang.
Melakukan kewajiban Anda: Sayangnya menjadi anggota
baru berarti Anda harus melakukan kewajiban lebih banyak. Mengajukan
diri untuk mengerjakan tugas, khususnya pekerjaan yang tidak ingin
dilakukan oleh siapapun. Tawarkan kopi kepada anggota lain ketika Anda
membuat untuk diri Anda sendiri dan tawarkan bantuan kepada rekan kerja
yang sedang menghadapi deadline ketat dan membutuhkan bantuan.
Puji orang lain ketika mereka melakukan pekerjaan mereka:
Bagian dari menjadi bagian dari tim adalah mengenali kontribusi dari
rekan lainnya. Bahkan ketika Anda mengerjakan sebagian besar pekerjaan
dari sebuah proyek, puji anggota tim lainnya yang telah membantu
pekerjaan Anda. Hal ini menunjukkan bahwa Anda berkomitmen atas
kesuksesan seluruh tim dan bukan hanya kepada ambisi pribadi Anda.
Ikut serta dalam aktivitas grup: Jika tim baru Anda
bertemu sebulan sekali untuk berkumpul setelah bekerja, coba ikut serta
sesering mungkin. Seluruh aktivitas grup atau acara sosial merupakan
sebuah kesempatan yang baik untuk mengenal rekan kerja Anda di luar jam
kerja. Hal ini juga dapat membantu membangun hubungan kerja yang baik
ketika orang lain merasa nyaman dengan Anda di luar kantor.
Meminta masukan: Jika Anda baru dalam sebuah ti,
mungkin Anda perlu menanyakan kepada tim apakah metode utama komunikasi
yang digunakan dan apa harapan yang mereka miliki. Sangat meungkinkan
untuk bertanya kepada manajer tim mengenai diri Anda sambil Anda
berusaha untuk menguasai peran Anda di dalam tim.
Cari tahu cara Anda menyesuaikan diri: Bagian dari
memiliki tim dengan dinamika yang baik adalah dengan mempelajari
kepribadian,keahlian, dan kemampuan fisik setiap orang dalam tim. Sangat
disarankan bagi Anda untuk tidak masuk ke dalam tim dan secara
tiba-tiba berusaha mengubah cara tim tersebut mengerjakan sesuatu.
Kenali peran setiap anggota dan gunakan keahlian Anda untuk mengisi
posisi yang kosong. Sangat penting untuk mengetahui dimana posisi Anda
dalam tim agar Anda merasa memberi kontribusi yang berarti.
Beradaptasi dengan sebuah tim di tempat kerja mungkin saja tidak
mudah. Dengan mengamati dinamika tim, menunjukkan komitmen dan
menggunakan taktik dasar Anda akan mampu untuk beradaptasi dengan tim
baru Anda secara cepat.
JobStreet.com Indonesia
sangat bagus untuk dibaca
ReplyDeletesamsung s4 tablet