24.9.13

Tips dan Panduan Singkat Paket Aplikasi Sekolah (PAS) SMK

Keberhasilan entri data pada program PAS SMK tergantung pada urutan pengisian database PAS SMK mulai data referensi, master, dan transaksional. 

Pelanggaran terhadap urutan pengisian data dapat menyebabkan kesalahan operasional sehingga sistem tidak jalan / terjadi error. Untuk itu di bawah ini disajikan langkah-langkah dasar dalam mengoperasikan Paket Aplikasi Sekolah (PAS) SMK.






PERSIAPAN INSTALASI PAS SMK



  • Atur tanggal, bulan, dan tahun pada semester yang sesuai
  • Klik Control Panel => Region And Languages
  • Atur lokasi ke English (United States)
  • Klik Customize / Additional Settings
    1. Decimal Symbol : . (titik)
    2. Digit Grouping Symbol : , (koma)
    3. List Separator : , (koma)



INSTALASI PAS SMK



Spesifikasi komputer server untuk Aplikasi PAS SMK



  • Processor : Intel Pentium IV
  • Harddisk : 80 GB
  • RAM (Memory) : 1 GB
  • CDROM Drive



Langkah Instalasi Aplikasi PAS SMK

  • Jalankan Setup Installer PAS SMK.
  • Muncul home installer PAS SMK, Klik Lanjut untuk melanjutkan.
  • Pada Informasi terdapat informasi seputar perubahan yang dilakukan.
  • Klik Rambah untuk memilih disk drive yang akan di install, untuk default pada C:\PAS SMK
  • Rambah Disk drive, default direktori installasi, klik Lanjut
  • Pastikan untuk kapasitas harddisk melebihi dari yang dianjurkan.
  • Apabila sebelumnya sudah pernah di-install maka uninstall / hapus folder PAS SMK terlebih dahulu, atau Klik yes
  • Membuat shortcut di start menu, Lanjut
  • Membuat shortcut di desktop, Lanjut
  • Persiapan selesai, klik install.
  • Proses installasi sedang berjalan
  • Tunggu sampai Finalisasi Selesai.
  • Pilih restart dan klik selesai, maka pc akan restart, PAS SMK dan SI INTEGRATOR siap digunakan.



LOGIN PAS SMK



Aplikasi PAS SMK

  • Username : usersmk
  • Password : rahasia

Aplikasi PAS SMK SI Integrator

  • Username : admin
  • Password : rahasia

Database PAS SMK

  • Host address : localhost
  • Username : pas
  • Password : smk
  • Port : 5873



PENGOPERASIAN PAS SMK



Menjalankan modul PAS SMK. Klik shortcut PAS SMK di desktop atau terlebih dahulu buka browser (Firefox, Internet Explorer, Opera, dll) Lalu pada address bar ketikan url berikut : http ://localhost:5773/passmk, sehingga muncul login form.



Utamanya aplikasi PAS SMK ini mempunyai 5 level user akses yaitu admin, kurikulum, kesiswaan, tu, dan guru. Yang dimana masing-masing level mempunyai hak akses yang berbeda.



Adapun default username dan password yang telah disediakan adalah :

  • Username : usersmk
  • Password : rahasia

Jika sukses login, selanjutnya pilih Tahun Ajaran dan Semester sesuai yang berlaku lalu klik tombol “OK”



PERSIAPAN DATA AWAL



Sebelum melangkah lebih jauh dalam entri data PAS SMK lakukan pengaturan data-data referensi, master, dan transaksional sebagai berikut :

  • Pembentukan Identitas Sekolah (2.1). Catatan untuk sekolah swasta pilih menu SK Swasta harus diisi
  • Pembentukan Fasilitas Sekolah (2.3), khususnya ruangan sekolah/kelas yang dimiliki untuk seluruh rombel di sekolah wajib diisi. Prioritaskan mengisi data ruangan yang dipakai sebagai ruang teori/kelas terlebih dahulu kemudian jenis ruang yang lain. Langkahnya membuat Ruang Kelas Siswa => 2. Administrasi Sekolah => 2.3. Fasilitas Sekolah => Klik Ruangan Sekolah => Tambah Data (Properti, Ruangan Sekolah, Listrik, Buku, dan Alat Pendidikan) pada sub form di bawahnya.
  • Penetapan Kompetensi Keahlian (1.1.1.9). Catatan hanya melakukan pemberian Inisial dan merubah status tidak digunakan menjadi digunakan kemudian Edit Simpan.
  • Memasukan Lokasi Peta Sekolah => 2.7. Lokasi Peta
  • Menentukan Akreditasi Jurusan yang ada di sekolah => 2.8. Akreditasi Jurusan
  • Penetapan Program Pengajaran => 1. Referensi => 1.3. Referensi Periodikal => 1.3.1. Per Tahun Ajaran => 1.3.1.3. Program Pengajaran
  • Pembentukan Data Awal Guru (3.1.1) lengkap dengan riwayat pangkat dan jabatan
  • Pembentukan Data Awal Tenaga Administrasi (3.1.2) lengkap dengan riwayat pangkat dan jabatan.
  • Pengaktifan Guru => 3. Administrasi Kepegawaian => 3.2. Pemeliharaan Data Induk => 3.2.1. Guru Aktif (tekan tombol Berikan Semua Tanda di bagian bawah kemudian Edit Simpan)
  • Pengaktifan Tenaga Administrasi => 3. Administrasi Kepegawaian => 3.2. Pemeliharaan Data Induk => 3.2.2. Tenaga Administrasi Aktif (tekan tombol Berikan Semua Tanda di bagian bawah kemudian Edit Simpan)
  • Merubah Header Laporan => 7. Umum => 7.1. Header Laporan



PENETAPAN ROMBEL DAN WALI KELAS



  • Masukkan data guru lengkap dengan riwayat pangkat dan jabatan dengan status sebagai guru => 3. Administrasi Kepegawaian => 3.1. Pembentukan Data Awal => 3.1.1. Data Awal Baru
  • Aktifkan guru yang akan menjadi wali kelas => 3. Administrasi Kepegawaian => 3.2. Pemeliharaan Data Induk => 3.2.1. Guru Aktif
  • Tentukan Wali Kelas Pada Rombel Siswa => 1. Referensi => 1.3. Referensi Periodikal => 1.3.1. Per Tahun Ajaran => 1.3.1.5. Rombel. Langkah-langkahnya sebagai berikut :
    1. Pilih Tingkat Kelas
    2. Pilih Kompetensi Keahlian
    3. Klik menu Tampilkan
    4. Klik menu Tambah Data
    5. Pilih Rombel
    6. Pilih Wali Kelas
    7. Klik Simpan



PEMBENTUKAN DATA AWAL SISWA BARU



Memasukkan Data Awal

  • Masukkan data siswa => 5. Administrasi Siswa Dan Alumni => 5.1. Pembentukan Data Awal => 5.1.1. Data Awal Siswa Baru
  • Klik Tambah Data (biodata utama dan data-data pendukung, utamakan yang berwarna merah)
  • Klik Simpan Data

Menentukan Minat Jurusan

  • Tentukan minat jurusan => 6. Administrasi Akademik => 6.1. Transaksi Rutin Kesiswaan => 6.1.2. Penentuan Minat Jurusan

Menentukan Jurusan

  • Tentukan jurusan bagi siswa baru => 6. Administrasi Akademik => 6.1. Transaksi Rutin Kesiswaan => 6.1.3. Penentuan Jurusan

Menentukan Kelas Baru utk Siswa Baru

  • Tentukan kelas baru untuk siswa baru => 6. Administrasi Akademik => 6.1. Transaksi Rutin Kesiswaan => 6.1.4. Penentuan Kelas Siswa Baru (Catatan langkah ini sama untuk kelas lama)



SINKRONISASI DATA KE SERVER PUSAT



Sebelum melakukan sinkronisasi pastikan komputer/laptop sudah terhubung ke internet. Berikutnya lakukan dulu pencetakan laporan data kepegawaian (guru dan tenaga administrasi) dan siswa, apakah semua datanya sudah tampil. Langkah-langkahnya sebagai berikut :

  • Laporan Kepegawaian (guru) => 3. Administrasi Kepegawaian => 3.3. Cetak Laporan Kepegawaian => 3.3.1. Daftar Guru
  • Laporan Kepegawaian (tenaga administrasi) => 3. Administrasi Kepegawaian => 3.3. Cetak Laporan Kepegawaian => 3.3.3. Daftar Tenaga Administrasi
  • Laporan Siswa => 5. Administrasi Siswa dan Alumni => 5.3. Cetak Laporan Siswa => 5.3.1. Daftar Siswa

Bila data laporan kepegawaian dan siswa sudah lengkap => Jalankan SI Integrator atau ketik alamat http://localhost:5773, pilih menu SI Integrator, setelah login form keluar pilih tahun pelajaran yang sesuai kemudian masukan username : admin dan password : rahasia. Berikutnya pilih menu sinkronisasi kemudian lakukan sinkronisasi untuk data berikut :

  • Sinkronisasi Identitas Sekolah
  • Sinkronisasi Data Pegawai
  • Sinkronisasi Data Siswa

Untuk hasil yang maksimal sehingga kita dapat mengerjakan PAS SMK secara terstruktur silahkan gunakan Alur Kerja Entri Data PAS SMK ini. Demikian pedoman singkat entri data PAS SMK kalau ada tambahan dan koreksi mohon diberi komentar. Semoga bermanfaat.

0 comments:

Post a Comment

Setiap komentar Anda sangat berarti sekali untuk Blog Efriaman Harefa agar bisa menjadi lebih baik kedepannya. Berkomentarlah dengan baik demi kenyamanan bersama.

Tak ada yang bisa saya berikan selain ucapan terima kasih karena telah memberikan apresiasi terhadap artikel-artikel dan tulisan di Blog Saya ini.

Peringatan! Saya tidak pernah melarang untuk menggunakan pengguna Anonim namun setidaknya gunakanlah akun Anda atau minimal nama dan URL. No SARA, SPAM dan Sejenisnya !!