Pelanggaran terhadap urutan pengisian data dapat menyebabkan kesalahan operasional sehingga sistem tidak jalan / terjadi error. Untuk itu di bawah ini disajikan langkah-langkah dasar dalam mengoperasikan Paket Aplikasi Sekolah (PAS) SMK.
PERSIAPAN INSTALASI
PAS SMK
- Atur tanggal, bulan, dan tahun pada semester yang sesuai
- Klik Control Panel => Region And Languages
- Atur lokasi ke English (United States)
- Klik Customize / Additional Settings
- Decimal Symbol : . (titik)
- Digit Grouping Symbol : , (koma)
- List Separator : , (koma)
INSTALASI PAS SMK
Spesifikasi komputer
server untuk Aplikasi PAS SMK
- Processor : Intel Pentium IV
- Harddisk : 80 GB
- RAM (Memory) : 1 GB
- CDROM Drive
Langkah Instalasi
Aplikasi PAS SMK
- Jalankan Setup Installer PAS SMK.
- Muncul home installer PAS SMK, Klik Lanjut untuk melanjutkan.
- Pada Informasi terdapat informasi seputar perubahan yang dilakukan.
- Klik Rambah untuk memilih disk drive yang akan di install, untuk default pada C:\PAS SMK
- Rambah Disk drive, default direktori installasi, klik Lanjut
- Pastikan untuk kapasitas harddisk melebihi dari yang dianjurkan.
- Apabila sebelumnya sudah pernah di-install maka uninstall / hapus folder PAS SMK terlebih dahulu, atau Klik yes
- Membuat shortcut di start menu, Lanjut
- Membuat shortcut di desktop, Lanjut
- Persiapan selesai, klik install.
- Proses installasi sedang berjalan
- Tunggu sampai Finalisasi Selesai.
- Pilih restart dan klik selesai, maka pc akan restart, PAS SMK dan SI INTEGRATOR siap digunakan.
LOGIN PAS SMK
Aplikasi PAS SMK
- Username : usersmk
- Password : rahasia
Aplikasi PAS SMK SI
Integrator
- Username : admin
- Password : rahasia
Database PAS SMK
- Host address : localhost
- Username : pas
- Password : smk
- Port : 5873
PENGOPERASIAN PAS SMK
Menjalankan modul PAS
SMK. Klik shortcut PAS SMK di desktop atau terlebih dahulu buka browser (Firefox,
Internet Explorer, Opera, dll) Lalu pada address bar ketikan url berikut : http
://localhost:5773/passmk, sehingga muncul login form.
Utamanya aplikasi PAS
SMK ini mempunyai 5 level user akses yaitu admin, kurikulum, kesiswaan, tu,
dan guru. Yang dimana masing-masing level mempunyai hak akses yang
berbeda.
Adapun default
username dan password yang telah disediakan adalah :
- Username : usersmk
- Password : rahasia
Jika sukses login,
selanjutnya pilih Tahun Ajaran dan Semester sesuai yang berlaku
lalu klik tombol “OK”
PERSIAPAN DATA AWAL
Sebelum melangkah
lebih jauh dalam entri data PAS SMK lakukan pengaturan data-data referensi,
master, dan transaksional sebagai berikut :
- Pembentukan Identitas Sekolah (2.1). Catatan untuk sekolah swasta pilih menu SK Swasta harus diisi
- Pembentukan Fasilitas Sekolah (2.3), khususnya ruangan sekolah/kelas yang dimiliki untuk seluruh rombel di sekolah wajib diisi. Prioritaskan mengisi data ruangan yang dipakai sebagai ruang teori/kelas terlebih dahulu kemudian jenis ruang yang lain. Langkahnya membuat Ruang Kelas Siswa => 2. Administrasi Sekolah => 2.3. Fasilitas Sekolah => Klik Ruangan Sekolah => Tambah Data (Properti, Ruangan Sekolah, Listrik, Buku, dan Alat Pendidikan) pada sub form di bawahnya.
- Penetapan Kompetensi Keahlian (1.1.1.9). Catatan hanya melakukan pemberian Inisial dan merubah status tidak digunakan menjadi digunakan kemudian Edit Simpan.
- Memasukan Lokasi Peta Sekolah => 2.7. Lokasi Peta
- Menentukan Akreditasi Jurusan yang ada di sekolah => 2.8. Akreditasi Jurusan
- Penetapan Program Pengajaran => 1. Referensi => 1.3. Referensi Periodikal => 1.3.1. Per Tahun Ajaran => 1.3.1.3. Program Pengajaran
- Pembentukan Data Awal Guru (3.1.1) lengkap dengan riwayat pangkat dan jabatan
- Pembentukan Data Awal Tenaga Administrasi (3.1.2) lengkap dengan riwayat pangkat dan jabatan.
- Pengaktifan Guru => 3. Administrasi Kepegawaian => 3.2. Pemeliharaan Data Induk => 3.2.1. Guru Aktif (tekan tombol Berikan Semua Tanda di bagian bawah kemudian Edit Simpan)
- Pengaktifan Tenaga Administrasi => 3. Administrasi Kepegawaian => 3.2. Pemeliharaan Data Induk => 3.2.2. Tenaga Administrasi Aktif (tekan tombol Berikan Semua Tanda di bagian bawah kemudian Edit Simpan)
- Merubah Header Laporan => 7. Umum => 7.1. Header Laporan
PENETAPAN ROMBEL DAN
WALI KELAS
- Masukkan data guru lengkap dengan riwayat pangkat dan jabatan dengan status sebagai guru => 3. Administrasi Kepegawaian => 3.1. Pembentukan Data Awal => 3.1.1. Data Awal Baru
- Aktifkan guru yang akan menjadi wali kelas => 3. Administrasi Kepegawaian => 3.2. Pemeliharaan Data Induk => 3.2.1. Guru Aktif
- Tentukan Wali Kelas Pada Rombel Siswa => 1. Referensi => 1.3. Referensi Periodikal => 1.3.1. Per Tahun Ajaran => 1.3.1.5. Rombel. Langkah-langkahnya sebagai berikut :
- Pilih Tingkat Kelas
- Pilih Kompetensi Keahlian
- Klik menu Tampilkan
- Klik menu Tambah Data
- Pilih Rombel
- Pilih Wali Kelas
- Klik Simpan
PEMBENTUKAN DATA AWAL
SISWA BARU
Memasukkan Data Awal
- Masukkan data siswa => 5. Administrasi Siswa Dan Alumni => 5.1. Pembentukan Data Awal => 5.1.1. Data Awal Siswa Baru
- Klik Tambah Data (biodata utama dan data-data pendukung, utamakan yang berwarna merah)
- Klik Simpan Data
Menentukan Minat
Jurusan
- Tentukan minat jurusan => 6. Administrasi Akademik => 6.1. Transaksi Rutin Kesiswaan => 6.1.2. Penentuan Minat Jurusan
Menentukan Jurusan
- Tentukan jurusan bagi siswa baru => 6. Administrasi Akademik => 6.1. Transaksi Rutin Kesiswaan => 6.1.3. Penentuan Jurusan
Menentukan Kelas Baru
utk Siswa Baru
- Tentukan kelas baru untuk siswa baru => 6. Administrasi Akademik => 6.1. Transaksi Rutin Kesiswaan => 6.1.4. Penentuan Kelas Siswa Baru (Catatan langkah ini sama untuk kelas lama)
SINKRONISASI DATA KE
SERVER PUSAT
Sebelum melakukan
sinkronisasi pastikan komputer/laptop sudah terhubung ke internet. Berikutnya
lakukan dulu pencetakan laporan data kepegawaian (guru dan tenaga administrasi)
dan siswa, apakah semua datanya sudah tampil. Langkah-langkahnya sebagai
berikut :
- Laporan Kepegawaian (guru) => 3. Administrasi Kepegawaian => 3.3. Cetak Laporan Kepegawaian => 3.3.1. Daftar Guru
- Laporan Kepegawaian (tenaga administrasi) => 3. Administrasi Kepegawaian => 3.3. Cetak Laporan Kepegawaian => 3.3.3. Daftar Tenaga Administrasi
- Laporan Siswa => 5. Administrasi Siswa dan Alumni => 5.3. Cetak Laporan Siswa => 5.3.1. Daftar Siswa
Bila data laporan kepegawaian
dan siswa sudah lengkap => Jalankan SI Integrator atau ketik alamat http://localhost:5773,
pilih menu SI Integrator, setelah login form keluar pilih tahun
pelajaran yang sesuai kemudian masukan username : admin dan password
: rahasia. Berikutnya pilih menu sinkronisasi kemudian lakukan sinkronisasi
untuk data berikut :
- Sinkronisasi Identitas Sekolah
- Sinkronisasi Data Pegawai
- Sinkronisasi Data Siswa
Untuk hasil yang
maksimal sehingga kita dapat mengerjakan PAS SMK secara terstruktur silahkan
gunakan Alur Kerja Entri Data PAS SMK
ini. Demikian pedoman singkat entri data PAS SMK kalau ada tambahan dan koreksi
mohon diberi komentar. Semoga bermanfaat.
No comments
Setiap komentar Anda sangat berarti sekali untuk Blog Efriaman agar bisa menjadi lebih baik kedepannya. Berkomentarlah dengan baik demi kenyamanan bersama.
Tak ada yang bisa saya berikan selain ucapan terima kasih karena telah memberikan apresiasi terhadap artikel-artikel dan tulisan di Blog Saya ini.
Peringatan! Saya tidak pernah melarang untuk menggunakan pengguna Anonim namun setidaknya gunakanlah akun Anda atau minimal nama dan URL. No SARA, SPAM dan Sejenisnya !!