7.4.17

Tips Menghadapi Penolakan dalam Mencari Pekerjaan

Salah satu hal terberat dalam proses mencari pekerjaan adalah mendapat penolakan, walaupun sebenarnya penolakan merupakan bagian dari proses mencari pekerjaan dan terjadi lebih sering dari yang Anda pikirkan. Jadi, apa yang harus dilakukan ketika pencarian Anda seperti tidak berujung dan rasa percaya diri Anda sudah pudar? 



Berikut beberapa saran yang dapat Anda gunakan ketika Anda menghadapi masalah serupa.

  1. Terima bahwa penolakan adalah suatu hal yang normal terjadi. Daripada Anda menyerah, ambillah pelajaran dari pengalaman yang Anda alami (termasuk kesalahan yang pernah Anda lakukan) dan gunakan pengalaman tersebut untuk membuat Anda menjadi orang yang lebih baik dan lebih kuat.
  2. Penolakan yang terjadi tidak mencerminkan diri Anda. Bahkan seorang kandidat terbaik pun pernah mengalami penolakan, bahkan terkadang dikarenakan alasan yang paling tidak masuk akal. Jika Anda sudah melakukan yang terbaik jangan merasa malu terhadap penolakan yang Anda terima.
  3. Jadilah seorang yang realistis. Jangan pernah menganggap bahwa proses mencari pekerjaan merupakan hal yang mudah. Rata-rata proses mencari pekerjaan dapat memakan waktu sekitar 4 bulan hingga 1 tahun.
  4. Jangan berhenti. Cukup besar kemungkinan seseorang menyerah dan tidak mau berusaha lagi setelah mengalami sebuah penolakan besar. Akan tetapi untuk menghasilkan, amat sangat lebih baik untuk menerima kegagalan dengan cara yang positif dibandingkan berlarut-larut dalam kesedihan.
  5. Katakan terima kasih. Sebesar apapun kesedihan Anda, katakan terima kasih secara tulus kepada pihak perusahaan, mungkin saja ada kesempatan untuk Anda di masa yang akan datang.
  6. Jaga diri Anda. Hindari menyalahkan diri Anda atas kegagalan yang Anda terima. Daripada Anda melakukan hal tersebut lebih baik Anda melakukan kegiatan yang membuat Anda terlihat lebih baik seperti berolahraga dan beristirahat secara cukup.
  7. Carilah pekerjaan part-time. Hal ini akan membantu Anda dalam 3 hal: Menyibukkan diri Anda, mempertajam kemampuan Anda, dan memperluas network, selain itu Anda akan memiliki pemasukan sebelum Anda mendapatkan pekerjaan tetap.
  8. Berhemat. Jangan menghabiskan tabungan yang Anda miliki seakan-akan Anda akan mendapatkan pekerjaan esok hari. Bersiap-siaplah terhadap kemungkinan Anda tidak bekerja untuk waktu yang lebih lama dengan cara mengurangi pengeluaran Anda, jika perlu kurangi jumlah kartu kredit yang Anda miliki.
  9. Hindari bergaul dengan orang-orang yang berikiran negatif. Pilihlah teman yang berpikiran positif, memiliki pandangan ke depan, dan mendukung serta memberi Anda inspirasi. Orang-orang yang berpikiran negative hanya akan membuat Anda semakin takut.
Bersyukur atas apa yang Anda miliki. Pandanglah hidup ini dari sisi positif. Buatlah daftar hal-hal yang saat ini Anda miliki seperti kesehatan hingga teman-teman yang selalu mendukung Anda. Tetap fokus terhadap hal-hal tersebut untuk menghilangkan keraguan Anda.

0 comments:

Post a Comment

Setiap komentar Anda sangat berarti sekali untuk Blog Efriaman Harefa agar bisa menjadi lebih baik kedepannya. Berkomentarlah dengan baik demi kenyamanan bersama.

Tak ada yang bisa saya berikan selain ucapan terima kasih karena telah memberikan apresiasi terhadap artikel-artikel dan tulisan di Blog Saya ini.

Peringatan! Saya tidak pernah melarang untuk menggunakan pengguna Anonim namun setidaknya gunakanlah akun Anda atau minimal nama dan URL. No SARA, SPAM dan Sejenisnya !!