Home Top Ad

Pengertian dan Macam - Macam Topologi Jaringan Komputer

Share:

Topologi Jaringan Komputer - Jika kita berbicara tentang teknologi jaringan komputer maka tidak bisa dilepaskan dengan topologi jaringan komputer.Jaringan komputer sendiri merupakan sekelompok komputer yang saling berhubungan dengan menggunakan sebuah protokol komunikasi melalui sebuah media komunikasi.




Sedangkan topologi jaringan komputer merupakan sebuah pola hubungan antar terminal dalam suatu sistem jaringan komputer, atau juga merupakan bentuk / pola / model perancangan suatu komputer dengan komputer lainnya sehingga terbentuk suatu sistem jaringan komputer.

Keberadaan topologi jaringan komputer sangat dibutuhkan untuk membangun suatu jaringan komputer. Oleh karena itu pada kesempatan posting kali ini saya akan sharing tentang macam-macam dari topologi jaringan komputer yang biasanya digunakan, setelah pada kesempatan yang lalu saya sharing sebuah artikel tentang seribu pernak-pernik ponsel android.


Macam - Macam Topologi Jaringan Komputer

1. Topologi Bus

Topologi jaringan komputer yang biasanya digunakan pada waktu dulu adalah topologi bus.Pada topologi bus ini semua komputer di hubungkan menggunakan satu jalur komunikasi (kabel BNC) di mana pada kedua ujung jalur yang digunakan ditutup dengan sebuah terminator.Terminator merupakan sebuah perangkat yang menyediakan ketahanan listrik untuk menyerap sinyal-sinyal transmisi pada akhir sambungan.



Topologi jaringan komputer dengan topologi bus memiliki beberapa keuntungan dan kerugian yaitu :

Keuntungan :

·   Biaya murah, karena media transmisi berupa akbel tidak dibutuhkan terlalu banyak.
·   Setiap komputer bisa terhubung secara langsung.
·  Tidak membutuhkan peralatan aktif lainnya pada setiap komputer untuk terhubung ke media transmisi.

Kerugian :

·   Teknologi lama dan sudah ditinggalkan.
·   Deteksi kerusakan yang sulit.
·  Jika kabel pada satu komputer ada yang putus maka komputer yang lain juga akan mengalami gangguan.

2.  Topologi Ring

Hampir sama dengan topologi bus, topologi jaringan komputer dengan menggunakan topologi ring menggunakan satu media transmisi untuk menghubungkan komputer yang satu dengan komputer yang lainnya. Perbedaannya pada topologi ring kedua terminal yang berada di ujung media transmisi saling dihubungkan sehingga menyerupai sebuah lingkaran berbentuk cincin.



Topologi jaringan komputer dengan menggunakan topologi bus juga memiliki beberapa keuntungan dan kerugian, yaitu:

Keuntungan :

·  Hemat kabel sebagai media transmisinya.
·  Tidak akan terjadi peristiwa tabrakan data (collision) karena hanya satu titik saja yang aktif saat proses transfer data berlangsung.

Kerugian :

·   Sulit mendeteksi adanya gangguan.
·  Jika kabel pada satu komputer ada yang putus maka komputer yang lain juga akan mengalami gangguan.
·   Pengembangan jaringan tidak bersifat fleksibel (kaku).


3. Topologi Star/Bintang

Topologi jaringan komputer dengan menggunakan topologi star menggunakan sebuah terminal pusat yang biasanya disebut sebagai hub atau switch. Hub atau switch berfungsi untuk mengatur semua kegiatan komunikasi data antar komputer yang saling terhubung. Pada saat ini topologi jaringan komputer ini sering digunakan untuk sistem jaringan komputer warnet dan perkantoran.



Topologi star juga memiliki beberapa keuntungan dan kerugian, yaitu :

Keuntungan :

·  Hub/switch bertindak sebagai konsentrator.
·  Transfer data antar komputer bisa dilakukan secara bersamaan.
·  Bersifat fleksibel, mudah dilakukan penambahan komputer baru.
·  Kemudahan deteksi gangguan.
· Jika kabel pada satu komputer ada yang mengalami gangguan, komputer yang lain masih bisa bekerja dan digunakan.

Kerugian :

· Boros kabel, karena kabel ditarik dari masing-masing komputer ke hub/switch.
·  Jika Hub/Switch rusak maka seluruh komputer tidak dapat terhubung satu sama lain.

4. Topologi Mesh

Jaringan dengan Topologi masih mempunyai jalur ganda dari setiap perangkat pada jaringan seperti pada gambar di atas. Semakin banyak Jumlah komputer pada jaringan, semakin sulit cara pemasangan kabel-kabel pada jaringan tersebut karena jumlah kabel-kabel yang harus di pasang menjadi berlipat ganda. Oleh karena itu, pada jaringan mesh yang murni, setiap perangkat jaringan dihubungkan satu sama lain menggunakan jalur ganda untuk hub-hub utama sebagai jalur cadangan jika terjadi masalah di jalur utama.
Keuntungandari Topologi ini adalah: Mampu menampung banyak pengguna yang aktif sedangkan
Kelemahan dari Topologi ini adalah: Membutuhkan banyak kabel, sehingga mudah mengalami gangguan jaringan.

5. Topologi Tree 

Topologi Tree merupakan kombinasi karakteristik antara topologi star dan topologi bus. Topologi terdiri atas kumpulan topologi star yang dihubungkan dalam satu topologi bus sebagai backbone. Komputer-komputer dihubungkan ke hub, sedangkan hub lain di hubungkan sebagai jalur tulang punggung (backbone) yang mempunyai topologi bus.

Keuntungan :

·   Kontrol manajemen lebih mudah karena bersifat terpusat dan terbagi dalam tingkatan jenjang.
·   Mudah di kembangkan
·   Didukung oleh hardware dan software dari beberapa perusahaan

Kelemahan:

·  Jika salah satu node rusak, maka node yang berada di jenjang bagian bawahnya akan rusak.
·   Dapat terjadi tabrakan file data (collision).
·  Lebih sulit untuk mengkonfigurasi dan memasang kabel daripada topologi lain


Beberapa Istilah yang ada dalam Jaringan Komputer :

Client-Server : Client/Server dapat diartikan sebagai kemampuan komputer untuk meminta layanan request data kepada komputer lain.  Setiap instance dari komputer yang meminta layanan disebut sebagai client, sedangkan setiap instance yang menyediakan layanan disebut sebagai server.Data yang diminta oleh client dapat diambil dari database pada sisi server yang sering disebut database server, seperi misalnya MySQL, PostgreSQL, Oracle, atau SQL Server.

TCP/IP (singkatan dari Transmission Control Protocol/Internet Protocol) adalah standar komunikasi data yang digunakan oleh komunitas internet dalam proses tukar-menukar data dari satu komputer ke komputer lain di dalam jaringan Internet. Protokol ini tidaklah dapat berdiri sendiri, karena memang protokol ini berupa kumpulan protokol (protocol suite).Protokol ini juga merupakan protokol yang paling banyak digunakan saat ini.Data tersebut diimplementasikan dalam bentuk perangkat lunak (software) di sistem operasi. Istilah yang diberikan kepada perangkat lunak ini adalah TCP/IP stack.


No comments

Setiap komentar Anda sangat berarti sekali untuk Blog Efriaman agar bisa menjadi lebih baik kedepannya. Berkomentarlah dengan baik demi kenyamanan bersama.

Tak ada yang bisa saya berikan selain ucapan terima kasih karena telah memberikan apresiasi terhadap artikel-artikel dan tulisan di Blog Saya ini.

Peringatan! Saya tidak pernah melarang untuk menggunakan pengguna Anonim namun setidaknya gunakanlah akun Anda atau minimal nama dan URL. No SARA, SPAM dan Sejenisnya !!