Home Top Ad

Konversi Antar Sistem Bilangan Dengan Mudah dan Cepat [Kalkulator]

Share:

System bilangan (number system) adalah  cara untuk menuliskan (mengkodekan, coding) suatu bilangan. Sistem bilangan yang banyak dipergunakan oleh manusia adalah system biilangan desimal, yaitu sistem bilangan yang menggunakan 10 macam symbol untuk mewakili suatu besaran. 




Pada dasarnya, komputer baru bisa bekerja kalau ada aliran listrik yang mengalir didalamnya. Aliran listrik yang mengalir ternyata memiliki dua kondisi, yaitu kondisi ON yang berarti ada arus listrik, dan kondisi OFF yang berarti tidak ada arus listrik.

Berdasar hal tersebut kemudian dibuat perjanjian, bahwa kondisi ON diberi lambang 1 (angka satu), dan kondisi OFF diberi lambang 0 (angka nol). Konsep inilah yang dipakai dalam sistem bilangan binary yang mempunyai dua macam nilai  untuk mewakili suatu besaran nilai.Selain system bilangan biner, komputer juga menggunakan system bilangan octal dan hexadesimal.

Untuk menghasilkan bilangan dengan kode lain tapi nilainya sama, maka di lakukan suatu proses yang disebut konversi bilangan. Konversi bilangan adalah suatu proses dimana satu system bilangan dengan basis tertentu akan dijadikan bilangan dengan basis yang lain.


1. Konversi Bilangan Menggunakan Kalkulator Pada Window XP

>  Klik Start

>  Klik All Programs

>  Klik Folder Accessories, lalu pilih Calculator



>  Klik View dan pilih Scientific



>  Ada terdapat beberapa radio button yaitu :
   Hex = Heksadesimal, Dec = Desimal, Oct = Oktal, Bin = Biner.
   Secara Default, Radio Button Hex yang Akfif

>   Contoh Bilangan Desimal (17081945) dirubah ke bilangan Hexadesimal, ketik saja bilangan desimalnya lalu klik radio button Hex, maka secara otomatis angka yang Anda ketik akan di ubah ke Bilangan Hexadesimal (104A659).





2. Konversi Bilangan Menggunakan Kalkulator Pada Window 7

>  Klik Start

>  Klik All Programs

>  Klik Folder Accessories, lalu pilih Calculator



>  Klik View dan pilih Programmer(atau tekan Alt+3)



>  Ada terdapat beberapa radio button yaitu :
Hex = Heksadesimal, Dec = Desimal, Oct = Oktal, Bin = Biner.
Secara Default, Radio Button Dec yang Akfif

>  Contoh Bilangan Desimal (17081945) dirubah ke bilangan Biner, ketik saja bilangan desimalnya lalu klik radio button Bin, maka secara otomatis angka yang Anda ketik akan di ubah ke Bilangan Biner (1000001001010011001011001).






Semoga bermanfaat . . .
Jangan Lupa di Follow ya Klik disini ...

No comments

Setiap komentar Anda sangat berarti sekali untuk Blog Efriaman agar bisa menjadi lebih baik kedepannya. Berkomentarlah dengan baik demi kenyamanan bersama.

Tak ada yang bisa saya berikan selain ucapan terima kasih karena telah memberikan apresiasi terhadap artikel-artikel dan tulisan di Blog Saya ini.

Peringatan! Saya tidak pernah melarang untuk menggunakan pengguna Anonim namun setidaknya gunakanlah akun Anda atau minimal nama dan URL. No SARA, SPAM dan Sejenisnya !!