Home Top Ad

Pengertian Gaji Menurut Para Ahli

Share:
Beberapa pengertian yang dikemukakan oleh para pakar terlihat berbeda namun pada intinya memiliki maksud yang sama. Anda dapat membandingkan pengertian tersebut berikut ini.


Gaji adalah uang atau sesuatu yang berkaitan dengan uang yang diberikan kepada pegawai. - Dessler (1998: 85)

Gaji adalah suatu bentuk kompensasi yang dikaitkan dengan kinerja individu, kelompok ataupun kinerja organisasi. - Mathis dan Lackson (2002)

Gaji diartikan sebagai bayaran pokok yang diterima oleh seseorang, tidak termasuk unsur - unsur variabel dan tunjangan lainnya. - Amstrong dan Murlis (1994:7)

Gaji adalah balas jasa yang dibayar secara periodik kepada karyawan tetap serta mempunyai jaminan yang pasti. - Hasibuan (2002)

Gaji adalah pemberian pembayaran finansial kepada karyawan sebagai balas jasa untuk pekerjaan yang dilaksanakan dan sebagai motivasi pelaksanaan kegiatan di waktu yang akan datang. - Handoko (1993)

Gaji merupakan salah satu unsur yang penting yang dapat mempengaruhi kinerja karyawan, sebab gaji adalah alat untuk memenuhi berbagai kebutuhan pegawai, sehingga dengan gaji yang diberikan pegawai akan termotivasi untuk bekerja lebih giat. - Hariandja (2002)

Gaji dapat berperan dalam meningkatkan motivasi karyawan untuk bekerja lebih efektif, meningkatkan kinerja, meningkatkan produktivitas dalam perusahaan, serta mengimbangi kekurangan dan keterlibatan komitmen yang menjadi ciri angkatan kerja masa kini. Perusahaan yang tergolong modern, saat ini banyak mengaitkan gaji dengan kinerja. - Sastro Hadiwiryo (1998)


No comments

Setiap komentar Anda sangat berarti sekali untuk Blog Efriaman agar bisa menjadi lebih baik kedepannya. Berkomentarlah dengan baik demi kenyamanan bersama.

Tak ada yang bisa saya berikan selain ucapan terima kasih karena telah memberikan apresiasi terhadap artikel-artikel dan tulisan di Blog Saya ini.

Peringatan! Saya tidak pernah melarang untuk menggunakan pengguna Anonim namun setidaknya gunakanlah akun Anda atau minimal nama dan URL. No SARA, SPAM dan Sejenisnya !!