Home Top Ad

Beberapa Cara Menghadapi Anak Yang Sensitive

Share:
Setiap anak memang memiliki karakter yang berbeda. Maka dari itu, sebagai orang tua Anda pun sebaiknya memahami putra dan putri dengan baik. Jika anak Anda termasuk sensitif, coba simak cara menghadapinya berikut ini.



Menyesuaikan diri

Orang tua cenderung menasihati anak agar tidak melakukan ini atau harus berbuat begitu. Namun anak yang sensitif tidak mudah menerima nasihat tersebut. Jadi, daripada Anda bersusah payah mengubah perilaku anak, coba untuk menyesuaikan diri Anda agar bisa lebih memahami anak.

Memahami penyebab

Apa hal yang membuat anak Anda menjadi sensitif? Sebaiknya Anda mencari tahu penyebab itu. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah membantunya untuk mengatasi masalah yang menyebabkannya menjadi sensitif.

Suasana nyaman

Jangan memaksakan diri anak untuk melakukan apa yang Anda mau. Sebaliknya, biarkan anak merasa lebih percaya diri. Jadi jangan sampai mendorong mereka untuk terlibat dalam situasi yang tidak nyaman dan membuatnya semakin sensitif.

Fokus pada kekuatan

Tidak selamanya sensitif itu buruk. Jika anak Anda adalah tipe orang yang sensitif terhadap hewan, maka ada sisi positif dari sifat tersebut. Nantinya, pilihan karir anak bisa jadi ditentukan dari karakter sensitif yang terbawa sedari kecil.

Berkonsultasi

Lantas apa yang harus dilakukan jika seluruh langkah tersebut tidak membuahkan hasil apapun? Artinya Anda harus segera berkonsultasi dengan orang lain, entah itu kerabat, keluarga, atau dokter ahli. Lagipula, Anda pasti ingin yang terbaik bagi buah hati bukan?


Anak adalah titipan Tuhan. Jadi jangan sampai menyia-nyiakan mereka hanya karena anak memiliki sifat dan karakter yang sedikit spesial daripada yang lain.

No comments

Setiap komentar Anda sangat berarti sekali untuk Blog Efriaman agar bisa menjadi lebih baik kedepannya. Berkomentarlah dengan baik demi kenyamanan bersama.

Tak ada yang bisa saya berikan selain ucapan terima kasih karena telah memberikan apresiasi terhadap artikel-artikel dan tulisan di Blog Saya ini.

Peringatan! Saya tidak pernah melarang untuk menggunakan pengguna Anonim namun setidaknya gunakanlah akun Anda atau minimal nama dan URL. No SARA, SPAM dan Sejenisnya !!