Home Top Ad

Telekomunikasi dan Jaringan

Share:


Telekomunikasi

Telekominikasi adalah teknik pengiriman atau  penyampaian informasi,dari suatu tempat ketempat yang lain.

Telekomunikasi bentuk komunikasi jarak jauh dapat dibedakan menjadi tiga bagian :

Ø  Komunikasi satu arah (Simplex) yaitu pengirim dan penerima informasi tidak dapat menjalin kominikasi yang bersinambuangan melalui media yang sama. contoh :pager,televisi dan radio.
Ø  Komunikasi dua arah (Duplex) yaitu  pengirim dan penerima informasi dapat menjalin kominikasi yang berkesinambungan melalui media yang sama. contoh Telepon dan Voip.
Ø  Komuniksi semi dau arah(Half Duplex) yaitu pengirim dan penerima informasi berkomunikasi secara berganti namun tetap berkesinambungan. Contoh :Handy talkie,Fax,dan chat room.
 
Untuk bisa melakukan telekomunikasi,ada beberapa komponen untuk mendukungnya yaitu:
v  Informasi yaitu merupakan data yang dikirim/diterima seperti suara,gambar,file.
v  Pengirim yaitu merubah informasi menjadi sinyal listrik yang siap dikirim.
v  Media transminsi yaitu alat yang berfungsi mengirimkan dari pengirim kepada penerima karena dalam jarak jauh,maka sinyal pengirim diubah lagi/dimodulasi agar terkirim jarak jauh.
v  Penerima yaitu menerima sinyal listrik dan merubah kedalam informasi yang bisa dipahami oleh manusia sesuai yang dikirimkan.




Protokol dan Arsitektur Jaringan

Protokol adalah sebuah set standar dari aturan dan prosedur untuk mengendalikan komunikasi didalam jaringan.bagian dari tujuan jaringan arsitektur telekomunikasi adalah untuk menciptakan suatu standarisasi lebih dan kecocokkan diantara protokol komunikasi.

Tujuanm arsitektur jaringan adalah untuk mengenalkan sebuah keterbukaan, Sistem komunikasi simplex,fleksibel dan lingkungan telekomunikasi yang efesien.hal ini akn menjasi sempurna dengan penggunaan protocol strandar.strandar komunikasi yang berhubungan langsung antara hardwere dan softwere,dan desain strandar hubungan antara penggunaan dan system komputer.

Fungsi sistem komunikasi

§  Sinyal analog
Sinyal analog adalah merupakan pemanfaatan gelombang elektromagnetik.proses pengiriman suara,misalnya pada teknologi telepon,dilewatkan melalui gelombang elektromagnetik.

Gelombang pada Sinyal Analog yang umumnya berbentuk gelombang sinus memiliki tiga variable dasar, yaitu amplitudo, frekuensi dan phase.
• Amplitudo merupakan ukuran tinggi rendahnya tegangan dari sinyal analog.
• Frekuensi adalah jumlah gelombang sinyal analog dalam satuan detik.
• Phase adalah besar sudut dari sinyal analog pada saat tertentu.


§  Sinyal digital

Sinyal digital adalah merupakan hasil teknologi yang merubah sinyal tersebut menjadi kombinasi ututan bilangan 0 dan 1 untuk proses informasi yang mudah ,cepat dan akurat.




Processor Komunikasi

Ada beberapa macam processor telekomunikasi diantaranya :

Modem

Modem adalah suatu processor telekomunikasi yang paling umum digunakan. Modem mengubah sinyal digital dari computer  atau terminal pengirim menjadi frekuensi analog yang dapat ditransmisikan melalui saluran telefon, dan begitu juga sebaliknya mengubah data analog menjadi data digital.

Multiplexer

Multiplexer  adalah prosesor telekomunikasi yang mengijinkan saluran komunikasi tunggal untuk membawa data transmisi simultan dari berbagai terminal. Pada dasarnya, multiplexer menggabungkan transmisi dari beberapa terminal pada akhir saluran telekomunikasi. Processor telekomunikasi yang mengizinkan saluran komunikasi tunggal untuk membawa data transmisi simultan dari berbagai saluran. Pada dasarnya multiplexer menggabungkan trsnsmisi dari berbagai terminal pada akhir saluran telekomunikasi.

Front-end processor

Front-end processor adalah processor komunikasi yang memberi pelayanan sebagai alat pengubah saluran telepon di area kerja dengan saluran telepon local perusahaan. Saat ini PBX telah menjadi alat elektronik  yang dibangun dalam mikroprosesor dan tersimpan didalamnya.





Media Komunikasi

Jenis-jenis media telekomunikasi

a.  Twisted pair wirw cable
Komponen ini terdiri dari atas 2 jenis yaitu unshielded twisted-pair (UTP) dan shielded(STP).
·    UTP terdiri atas 2,3,4, atau lebih pasang kabel.tiap pasang kabel dipilih 6 kali per inchi.hal ini dilakukan untuk menghindari listrik dan impedansi listrik.sensitif terhadap interferensi listrik,seperti deraun listrik oleh cahaya fluorescesnt elevator berjalan.
·   STP pada dasarnya memiliki karakteristik yang sama dengan UTP.perbedaannya terletak pada besarnya kawat dan adanya selubung isolasi yang berfungsi untuk menghindari inteferensi listrik.

b.  Coaxial cable
Karakteristik kabel ini terdiri atas 2 kabel yang diselubungi oleh 2 isolasi.isolasi pertama adalah isolasi yang menyelubungi kawat tembaga pejal.selain dilindungi oleh isolator,kawat tembaga penjal ini juga dilindungi oleh kertas timah yang dipasang atas isolator,untuk melindungi dari pengaruh medan elektromagnet.

c.  Fiber optic cable
Fiber optic memiliki karakteristik yaitu :
Data yang dikirim dalam bentuk pulsa cahaya kecepatan transmisinya paling tinggi.tpis dan fleksibel,sehingga mudah dipindahkan.tidak terganggu oleh cuaca dan panas.

d.  Wireless
Wireless memiliki karakteritik  yaitu Tidak menggunakan kabel,karena data dikirimkan dalam bentuk gelombang atau inframerah.setiap workstation berhubungan atau concetrator melalui ge lombang radio inframerah.




Jaringan telekomunikasi

Secara umum  jaringan telekomunikasi dibeberapa pengaturan dimana pengirim mengirimkan pesan kepada penerima melalui saluran yang terdiri dari beberapa tipe medium.telekomunikasi memungkinkan setiap orang untuk saling berkomuniksi seraca ceapat dalam jarak yang jauh.

Jaringan

Jaringan adalah Sekumpulan perangkat yang dapat digunakan untuk menyimpan dan manipulasi data elektronis dan pesan-pesan saling terkait satu dengan yang lainnya.

LAN (Local area Network)

Adalah Jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil seperti Jaringan komputer Kampus, gedung, kantor dan Lain-lain.

MAN
Adalah suatu jaringan dalam satu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi,yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus,perkantoran,dan pemerintah dan lain-lain.

WAN
Adalah jaringan komputer yang mencakup area yang besar sebagai contoh yaitu jaringan komputer antara wilayah,kota,atau negara.


INTERNET ,INTRANET DAN EKSTRANET

Internet

Adalah pendekatan dari interconnetion-networking ia telahsistem global dari seluruh jaringan komputer yang saling berhubungan menggunakan standar internet protocol suite (TCP/IP)untuk melayani miliaran penggunaan seluruh dunia.

Intranet

Adalah jaringan privat yang menggukan softwere internet dan protokol TCP/IP.intranet memberi akses yang mudah bagi karyawan untuk memperoleh informasi perusahaan.intranet merupakan media yang efektif untuk mengirim aplikasi mengenai informasi perusahaan.

Extranet

Adalah jaringa pravit yang menggunakan teknologi internet dan system telekomunikasi public untuk membentuk hubungan yang aman antara pemasok,vendor,mitr kerja,pelanggan dan pihak bisnis lainnya.

No comments

Setiap komentar Anda sangat berarti sekali untuk Blog Efriaman agar bisa menjadi lebih baik kedepannya. Berkomentarlah dengan baik demi kenyamanan bersama.

Tak ada yang bisa saya berikan selain ucapan terima kasih karena telah memberikan apresiasi terhadap artikel-artikel dan tulisan di Blog Saya ini.

Peringatan! Saya tidak pernah melarang untuk menggunakan pengguna Anonim namun setidaknya gunakanlah akun Anda atau minimal nama dan URL. No SARA, SPAM dan Sejenisnya !!