Home Top Ad

Struktur Program Turbo Pascal

Share:


1.  Struktur Program Pascal

Struktur dari suatu program pascal terdiri dari sebuah judul program dan suatu blok program atau badan program. Blok program dibagi lagi menjadi dua bagian, yaitu : bagian deklarasi dan bagian pernyataan. Secara ringkas, struktur suatu program pascal dapat terdiri dari :
 
1. Judul program
2. Blok program
a. Bagian deklarasi
- deklarasi label
- deklarasi konstanta
- deklarasi tipe
- deklarasi variable
- deklarasi prosedur
- deklarasi fungsi
b. Bagian pernyataan

2.  Judul Program
Judul program ini digunakan untuk memberi nama program dan sifatnya optional. Jikaditulis harus terletak pada awal dari program dan diakhiri dengan titik koma (;).

Contoh penulisan judul program :
PROGRAM coba;
PROGRAM gaji(input,output);
PROGRAM latihan_1;

3. Bagian Deklarasi

Bagian ini menjelaskan secara rinci semua data yang akan digunakan pada suatuprogram. Dalam penulisannya tidak boleh sama dengan katakata cadangan (reserved words)dan selalu diakhiri dengan titik koma (;).

Deklarasi Label
Digunakan jika pada penulisan program akan menggunakan statemen GOTO
(untuk meloncat ke suatu statemen tertentu).

Deklarasi Konstanta
Deklarasi ini digunakan untuk mengidentifikasikan data yang nilainya sudahitentukan dan pasti, tidak dapat dirubah dalam program.

Deklarasi Tipe
Deklarasi ini digunakan untuk menyebutkan tipe setiap data yang akan digunakanada program Pascal. Tipe data menentukan jangkauan nilai yang mungkin dari dataang digunakan. Pascal menyediakan beberapa macam tipe data, yaitu :
1. Tipe data sederhana, terdiri dari :
     a. Tipe data standar : integer, real, char, string, boolean.
     b. Tipe data didefinisikan pemakai : enumerated atau scalar, subrange
2. Tipe data terstruktur : array, record, file, set.
3. Tipe data penunjuk

Deklarasi variabel
Deklarasi ini berisi data-data yang bisa berubah-ubah nilainya di dalam program.Deklarasi variabel harus diletakkan setelah deklarasi tipe (jika ada).

Unit
Suatu unit adalah kumpulan dari konstanta, tipe-tipe data, variable, prosedur danfungsi-fungsi. Tiap-tiap unit tampak seperti suatu program Pascal yang terpisah. Unitstandar sudah merupakan kode mesin (sudah dikompilasi), bukan kode sumber Pascallagi dan sudah diletakkan di memori pada waktu menggunakan pascal. Untukmenggunakan suatu unit, harus diletakkan suatu anak kalimat Uses diawal blokprogram, diikuti oleh daftar nama unit yang digunakan.

Unit CRT

Digunakan untuk memanipulasi layar teks (windowing, peletakkan cursor dilayar,color untuk teks, kode extanded keyboard dan lainnya). Unit standar crt hanya dapatdigunakan oleh program yang digunakan dikomputer IBM PC, IBM AT, IBM PS/2 atauyang kompatibel dengannya.

No comments

Setiap komentar Anda sangat berarti sekali untuk Blog Efriaman agar bisa menjadi lebih baik kedepannya. Berkomentarlah dengan baik demi kenyamanan bersama.

Tak ada yang bisa saya berikan selain ucapan terima kasih karena telah memberikan apresiasi terhadap artikel-artikel dan tulisan di Blog Saya ini.

Peringatan! Saya tidak pernah melarang untuk menggunakan pengguna Anonim namun setidaknya gunakanlah akun Anda atau minimal nama dan URL. No SARA, SPAM dan Sejenisnya !!