4.9.12

Pernyataan If dan Case (Percabangan) Turbo Pascal



1.   Statemen If ... Then ...

Bentuk struktur If….Then….. adalah sebagai berikut :
If Kondisi Then Statemen

Statemen ini digunakan untuk mengendalikan jalannya suatu program berdasarkansuatu kondisi atau syarat yang diberikan. Ungkapan adalah kondisi yang diseleksi olehstatemen If. Bila kondisi yang diseleksi terpenuhi, maka statemen yang mengikutiThen akan diproses, sebaliknya bila kondisi tidak terpenuhi, maka yang akan diprosesstatemen berikutnya. Jika kondisi bernilai benar (TRUE) maka statemen akandikerjakan. Jika kondisi bernilai salah maka (FALSE) maka statemen tidak akandikerjakan.

2.   Statemen If ... Then ... Else ...

Bentuk statemen IF...THEN...ELSE.... merupakan pengembangan dari struktur
IF.....THEN....... Bentuk statemen tersebut adalah sebagai berikut :

 1. Bentuk Pertama
IF kondisi THEN
statemen1
ELSE
statemen2;
    2. Bentuk Kedua
If kondisi Then
Begin
......
......
End
Else
Begin
.......
.......
End;


Perintah ini berguna untuk memilih statemen mana yang akan dikerjakan olehkomputer berdasarkan kondisi/syarat yang diberikan. Jika kondisi bernilai benar (TRUE) maka statemen1 akan dikerjakan.
Jika kondisi bernilai salah maka (FALSE) makastatemen2 yang akan dikerjakan.
Statemen1 dan statemen2 dapat berupa suatu blok statemen tersendiri yangdiapit oleh BEGIN...END seperti dalam bentuk kedua. di atas. Apabila kata ELSE digunakan,maka statemen antara THEN dan ELSE tidak diakhiri dengan tanda titik koma(;). Jikadiakhiri dengan tanda titik koma (;), maka statemen setelah kata ELSE tidak akan dikerjakanatau penyeleksian kondisi akan berhenti pada statemen sebelum kata ELSE. Jika tidakmenggunakan kata ELSE (bentuk statemen IF....THEN....) maka statemen setelah then harusdiakhiri dengan tanda titik koma (;).

3.   Statemen CASE

Statemen Case mempunyai bentuk sebagai berikut :
    
     1. Bentuk Case…..Of

Case kondisi of
nilai1 : statemen1;
nilai2 : statemen2;
nilai3 : statemen3;
………………….
End;

       2. Bentuk Case…..Of…Else…

Case kondisi of
nilai1 : statemen1;
…………………
nilaiN : statemenN;
Else
statemenLain;
End;

Struktur Case – Of mempunyai suatu ungkapan logika yang disebut dengan selector dan sejumlah statemen yang diawali dengan suatu label permasalahan (case label) yang mempunyai tipe sama dengan selector. Statement yang mempunyai case label yang bernilai sama dengan case label yang bernilai sama dengan nilai selector akan diproses sedang statemen yang lainya tidak.

Nilai kondisi harus suatu kondisi yang nilainya berjenis ordinal (dapat diurutkan). Nilai1, nilai2, dst dapat berupa sebuah nilai berjenis ordinal (sesuai dengan jenis kondisi) atau beberapa nilai yang dapat dispisahkan dengan tanda titik koma.

1 comments:

  1. aku ada tugas nih, mohon pencerahannya, kalau di ketahuai tujuan penerbangan mis= medan-jakarta dan tujuan lain medan-padang dan masing-masing tujuan itu mempunya 3 maskapai dengan harga tiket yang berbeda. bagaimana membuat itu di turbo pascal? tujuan, nama maskapai, harga tiket (diketik) dan muncul harga tiket dan total tiketnya. help me yah ;((

    ReplyDelete

Setiap komentar Anda sangat berarti sekali untuk Blog Efriaman Harefa agar bisa menjadi lebih baik kedepannya. Berkomentarlah dengan baik demi kenyamanan bersama.

Tak ada yang bisa saya berikan selain ucapan terima kasih karena telah memberikan apresiasi terhadap artikel-artikel dan tulisan di Blog Saya ini.

Peringatan! Saya tidak pernah melarang untuk menggunakan pengguna Anonim namun setidaknya gunakanlah akun Anda atau minimal nama dan URL. No SARA, SPAM dan Sejenisnya !!