Home Top Ad

Pengulangan Proses (Looping) Pada Turbo Pascal

Share:


Terdapat tiga macam bentuk pengulangan dalam Pascal, yaitu dengan menggunakan statemen For, While...do, Repeat....Until.

1.  Statemen For

Bentuk pengulangan dengan statemen For dapat berbentuk pengulangan positif (For....to....do) dan pengulangan negatif (For....Downto....do).
Pengulangan For...to...do adalah pengulangan dengan penghitung (counter) dari kecil ke besar atau disebut juga pertambahannya positif. Sintaksnya adalah sebagai berikut :
 
For variabel:=nilai1 to nilai2 do statemen
Pengulangan For....downto...do adalah pengulangan dengan penhitung (counter) dari besar ke kecil atau disebut juga pertambahannya negatif. Sintaksnya adalah sebagai berikut :

For variabel:=nilai2 downto nilai1 do statemen

Statemen For dengan syarat nilai2>nilai1 mengakibatkan statemen setelah kata dodikerjakan sebanyak (nilai2-nilai1+1) kali, dari nilai variabel=nilai1 sampai variabel=nilai2.

Dalam pengulangan For variabel, nilai1, nilai2 harus bertipe sama dan termasuk jenisordinal(nilainya dapat dihitung secara berurutan, misal char dan integer).

2.  StatemenWhile ... Do

Statemen while...do digunakan untuk melakukan proses pengulangan suatustatemen atau blok statemen terus menerus selama kondisi bernilai benar. Statemenwhile...do biasa dipakai untuk melakukan pengulangan yang jumlahnya tidak diketahuidi depan atau selang pencacahannya tidak sebesar 1 atau -1. Bentu statemen while...doadalah sebagai berikut

While kondisi Do
Statemen

Jadi statemen setelah kata Do akan terus dikerjakan selama kondisi bernilai benar. Jika kondisi bernilai FALSE di awal (sebelum while) maka statemen tidak akan pernah dikerjakan.

3.  Statemen Repeat ... Until

Statemen Repeat.....until digunakan untuk mengulang statemen atau blok statemen sampai kondisi bernilai TRUE. Jadi pengulangan justru dilakukan selam kondisi bernilai salah. Pemeriksaan kondisi pada pengulangan dengan Repeat...until dilakukan belakangan(diakhir), kebalikan dengan While...do. Hal ini mengakibatkan statemen- statemen di dalam pengulangan Repeat.....until paling sedikit akan diprose satu kali.

Bentuk statemen Repeat....until adalah sebagai berikut :

Repeat
Statemen1;
Statemen2;
.....
Statemen;
Until kondisi;

No comments

Setiap komentar Anda sangat berarti sekali untuk Blog Efriaman agar bisa menjadi lebih baik kedepannya. Berkomentarlah dengan baik demi kenyamanan bersama.

Tak ada yang bisa saya berikan selain ucapan terima kasih karena telah memberikan apresiasi terhadap artikel-artikel dan tulisan di Blog Saya ini.

Peringatan! Saya tidak pernah melarang untuk menggunakan pengguna Anonim namun setidaknya gunakanlah akun Anda atau minimal nama dan URL. No SARA, SPAM dan Sejenisnya !!