Home Top Ad

Pengertian Bahasa Pemrograman dan Algoritma

Share:


1.  Bahasa (Language)

Bahasa adalah suatu sistim untuk berkomunikasi. Bahasa tertulis menggunakan simbol (yaitu huruf) untuk membentuk kata. Dalam ilmu komputer,bahasa manusia disebut bahasaalamiah (natural languages), dimana komputer tidak bisa memahaminya, sehingga diperlukan suatu bahasa komputer.
 
2.  Bahasa Pemrograman (programming language)

Komputer mengerjakan transformasi data berdasarkan kumpulan perintah - program – yang telah dibuat oleh pemrogram. Kumpulan perintah ini harus dimengerti oleh komputer, berstruktur tertentu (syntax) dan bermakna. Bahasa pemrograman merupakan notasi untuk memberikan secara tepat program komputer. Berbeda dengan bahasa alamiah, mis. Bahasa Indonesia, Inggris dsb. yang merupakan bahasa alamiah (natural language), sintaks dan semantik bahasa pemrograman (komputer) ditentukan secara kaku, sehingga bahasa pemrograman juga disebut sebagai bahasa formal (formal language).

Generasi bahasa pemrograman:
• Generasi I: machine language
• Generasi II: assembly language : Asssembler
• Generasi III: high-level programming language: C, PASCAL, dsb.
• Generasi IV: 4 GL (fourth-generation language): SQL

a. Bahasa Tingkat Rendah (low-level language)

Merupakan bahasa assembly atau bahasa mesin. Lebih dekat ke mesin (hardware), dimana high-level programming languages dekat pada bahasa manusia.
Bahasa Mesin (machine language)
Bahasa mesin merupakan representasi tertulis machine code (kode mesin), yaitu kode operasi suatu mesin tertentu. Bahasa ini bersifat khusus untuk mesin tertentu dan "dimengerti" langsung oleh mesin, sehingga pelaksanaan proses sangat cepat.
Bahasa Assembly (assembly language)
Bahasa rakitan (assembly language) merupakan notasi untuk menyajikan bahasa mesin yang lebih mudah dibaca dan dipahami oleh manusia. Bahasa ini sudah menggunakan simbol alpabet yang bermakna (mnemonic). Contoh “MOV AX 1111”, pindahkan ke register AX nilai 1111.

b. Bahasa Tingkat Tinggi (high-level language)

Adalah bahasa pemrograman yang dekat dengan bahasa manusia, kelebihan utama dari bahasa ini adalah mudah untuk di baca, tulis, maupun diperbaharui, sebelum bisa dijalankan program harus terlebih dahulu di-compile. Contoh Ada, Algol, BASIC, COBOL, C, C++, FORTRAN, LISP, dan Pascal, dsb.

Tipe Pemrograman
1.  Pemrograman terstruktur
Pemrograman terstruktur adalah cara pemrosesan data yang terstuktur. Terstruktur
dalam: analisa, cara dan penulisan program.
2.  Bahasa pemrograman prosedural – terstruktur
Bahasa pemrograman prosedural adalah bahasa pemrograman yang mendukung
pembuatan program sebagai kumpulan prosedur. Prosedur-prosedur ini dapat saling
memanggil dan dipanggil dari manapun dalam program dan dapat menggunakan
parameter yang berbeda-beda untuk setiap pemanggilan. Prosedur adalah bagian dari
program untuk melakukan operasi-operasi yang sudah ditentukan dengan menggunakan
parameter tertentu. Bahasa pemrograman terstruktur adalah pemrograman yang
mendukung abstraksi data, pengkodean terstruktur dan kontrol program terstruktur.
Kontrol program terstruktur:
1. Runtun - urut (sequence)
2. Pilihan (selection)
3. Pengulangan (repetition - loop)


3.  Algoritma

Perencanaan dan perancangan program komputer juga disebut pembuatan algoritma.
Beberapa definisi algoritma:
a. kumpulan urutan perintah yang menentukan operasi-operasi tertentu yang diperlukan untuk menyelesaikan suatu masalah ataupun mengerjakansuatu tugas".
b. logika, metode dan tahapan (urutan) sistematis yang digunakan untuk memecahkan suatu permasalahan.

Algoritma - dan tentu program yang baik, bercirikan:
a. Tepat sasaran, benar, sederhana, standar dan efektif : memenuhi spesifikasi pekerjaan danbekerja sesuai tujuan
b. Flexible dan portable: - Flexible untuk dikembangkan lebih lanjut - Portable untukdigunakan pada berbagai sistem dan mesin
c.  Bersih dari kesalahan sistem ataupun logic
d. Murah: - Efisien dalam penggunaan piranti memori dan penyimpanan lainnya. – Cepatwaktu pelaksanaannya.
e. Didokumentasi dengan baik untuk pengoperasian, pemeliharaan dan pengembangan.
f. Algoritma merupakan pemberian (description) pelaksanaan suatu proses.Sebuah prosesdikerjakan oleh pemroses mengikuti algoritma yang sudah dibuat. Algoritma merupakanurutan langkah instruksi yang logis. Setiap langkahinstruksi mengerjakan suatu tindakanaksi.
g.  Logis, terstruktur dan sistematis
h.  Semua operasi terdefinisi
i.   Semua proses harus berakhir setelah sejumlah langkah dilakukan
j.  Ditulis dengan bahasa yang standar dengan format pemrograman agar mudah untukdiimplementasikan dan tidak menimbulkan arti ganda

Aturan Penulisan Teks Algoritma
Tidak ada notasi yang baku dalam penulisan teks algoritma. Algoritma bukanlah program yang harus mengikuti aturan-aturan tertentu. Meski demikian, algoritma dituliskanmendekati gaya bahasa pemrograman umumnya. Misal, tulis nilai X dan Y, dituliskan dalam algoritma sebagai write(X,Y). Perhatikan dalam notasi write(X,Y) ini hanya memerintahkanpenyajian nilai X ke piranti keluaran (output). Dalam notasi itu juga tidak memasalahkanformat ataupun bentuk-bentuk tampilan lainnya, seperti dicetak dalam satu baris X dan Y,pemakaian pemisah antara X dan Y menggunakan koma atau spasi. Hal-hal yang bersifatteknis ini baru dipikirkan waktu penulisan program. Algoritma adalah bebas bahasapemrograman.

Teks Algoritma
Mengikuti alur konsep pemrograman prosedural, suatu teks algoritma disusun dalam
tiga bagian, yaitu:
a. Bagian kepala algoritma,
b. Bagian deklarasi,
c. Bagian deskripsi algoritma.
Setiap bagian disertai dengan penjelasan atau dokumentasi tentang maksud pembuatanteks. Bagian penjelasan diawali dan diakhiri dengan simbol { dan }.
Algoritma NAMA_ALGORITMA { Penjelasan tentang algoritma yang menguraikan secarasingkat hal-hal yang dilakukan oleh algoritma }
DEKLARASI { Semua nama yang digunakan, meliputi nama-nama: tipe, konstanta, variabel.Juga nama sub-program dinyatkan di sini }
DESKRIPSI { Semua langkah atau aksi algoritma dituliskan di sini }


4. Diagram Alir (Flow chart)

Merupakan bentuk grafis/visual dari algoritma Bentuk umum dari simbol-simbol dalam diagram alir.

1 comment:

Setiap komentar Anda sangat berarti sekali untuk Blog Efriaman agar bisa menjadi lebih baik kedepannya. Berkomentarlah dengan baik demi kenyamanan bersama.

Tak ada yang bisa saya berikan selain ucapan terima kasih karena telah memberikan apresiasi terhadap artikel-artikel dan tulisan di Blog Saya ini.

Peringatan! Saya tidak pernah melarang untuk menggunakan pengguna Anonim namun setidaknya gunakanlah akun Anda atau minimal nama dan URL. No SARA, SPAM dan Sejenisnya !!