Home Top Ad

Operasi Input Output Turbo Pascal

Share:


Statemen adalah perintah untuk pengerjaan program pascal. Statemen terletak di bagian deklarasi statemen dengan diawali oleh kata cadangan BEGIN dan diakhiri dengan kata cadangan END. Akhir dari setiap statemen diakhiri dengan titik koma [;]. Statemen statemen dalam bahasa Pascal terdiri dari pernyataan yang berupa fungsi dan prosedur yang telah disediakan sebagai perintah standar Turbo Pascal.
 
1.  Perintah Output

Perintah write dan writeln digunakan untukl menampilkan output di layar. Perintah write digunakan untuk mencetak pada baris yang sama dari beberapa argument. Perintah writeln digunakan untuk mencetak pada satu baris tersendiri dari beberapa argument. Perintah writeln yang tidak diikuti argument hanya mencetak baris kosong.

2.  Perintah Input

Perintah input Read/Readln digunakan untuk memasukkan [input] data lewat keyboard ke dalam suatu variabel. Perbedaan perintah read dan readln sama dengan perbedaan perintah write dan writeln. Perintah read akan membaca masukan dari keyboard tanpa memindahkan posisi kursor setelah pembacaan, sedangkan perintah readln akan membaca masukan sekaligus memindahkan posisi kursor.

No comments

Setiap komentar Anda sangat berarti sekali untuk Blog Efriaman agar bisa menjadi lebih baik kedepannya. Berkomentarlah dengan baik demi kenyamanan bersama.

Tak ada yang bisa saya berikan selain ucapan terima kasih karena telah memberikan apresiasi terhadap artikel-artikel dan tulisan di Blog Saya ini.

Peringatan! Saya tidak pernah melarang untuk menggunakan pengguna Anonim namun setidaknya gunakanlah akun Anda atau minimal nama dan URL. No SARA, SPAM dan Sejenisnya !!