Home Top Ad

Pertanyaan yang Sering Diajukan dan Penjelasannya (FAQ Bagian 2) - DAPODIK SMA SMK KEMDIKBUD RI

Share:
Menindaklanjuti banyaknya permasalahan yang berkembang yang ditanyakan diberbagai forum dan Aplikasi Helpdesk, maka untuk sekaligus menjawab dan memberikan penjelasan akan kami sampaikan melalui informasi di berita ini. Penjelasan akan kami sampaikan secara bertahap dan berseri sesuai dengan urgensi dan trending topik dari permasalahannya. 
Berikut bebepara permasalahan dan penjelasan yang kami sampaikan:

Proses Periodikal
1. A: Kelas XII Tahun Ajaran 2015/2016 sudah lulus pada saat ini, apakah proseskelulusan juga sudah dapat dilakukan di Aplikasi Dapodik sma smk ?

Q: Lakukan proses kelulusan  kelas XII Tahun Ajaran 2015/2016  nanti di tahun ajaranbaru, yaitu di luluskan pada semester Ganjil Tahun Ajaran 2016/2017 sebagaimanatelah dijelaskan pada Buku Panduan Sukses Implementasi Dapodik SMA-SMK pada  BAB X Proses Lanjutkan Semester, Kenaikan Kelas dan Kelulusan.

Pembelajaran
2. A: Pada saat mengisi  menu pembelajaran untuk SMK pada mapel yang ada tandapetik dua (teknik fusion) tidak dapat di simpan,  apa yg harus dilakukan?

Q: Lakukan sinkronisasi pada Aplikasi Dapodik SMA-SMK kemudian lakukan refresh(ctrl + F5), maka selanjutnya dapat memperbaiki data pada menu pembelajaran pada  mapel dimaksud.

3. A: Pada saat mengisi  menu pembelajaran untuk SMK jurusan tertentu, mapel Fisikadan Kimia belum ada (di referensi belum tampil),  apa yg harus dilakukan?

Q: Lakukan sinkronisasi pada Aplikasi Dapodik SMA-SMK kemudian lakukan refresh(ctrl + F5), maka selanjutnya dapat memperbaiki data pada menu pembelajaran pada  mapel dimaksud. Untuk diperhatikan pengisian data Rombongan Belajar harus diisi  dengan lengkap dan benar, utamanya data program keahlian/paket keahian. Berikut  ketentuan pengisian data program keahlian/paket keahian untuk  SMK:
a) SMK KTSP
- Kelas X, XI dan XII = Paket Keahlian
b) SMK Kurikulum 2013
- Kelas X = Program Keahlian
- Kelas XI dan XII = Paket Keahlian

PTK
4. A: Data NUPTK yang diisikan pada Aplikasi Dapodik SMA-SMK yang berawalan angka 0 (nol) misalnya: 0745735637200002 dan disinkronisasi, angka  0 (nol) pada awalan data NUPTK jadi menghilang, apa yang harus dilakukan?
Q: Melaporkan melalui Aplikasi Helpdesk (http://helpdesk.dikmen.kemdikbud.go.id/)pada klasifikasi "NUPTK" dengan menyertakan: 
1. NPSN
2. Nama
3. NUPTK (yang benar)
4. screenshoot dari Aplikasi Dapodik SMA-SMK menu PTK yang data NUPTK hilang  awalan angka 0 (nol) nya 

Demikian informasi dari kami dan terimakasih atas perhatian dan kerjasamanya.

PERHATIAN: 
Dalam pengisian data di Aplikasi Dapodik SMA-SMK 8.4.0** utamanya pada menu Rombongan Belajar dan Pembelajaran, HARUS memperhatikan dan mengikuti rambu-rambu yang telah dijelaskan di Buku Panduan Sukses Implementasi Dapodik SMA-SMK 8.4.0


Sumber : http://dapo.dikmen.kemdikbud.go.id/portal/web/laman/detailBerita/2016-05-30/pertanyaan_yang_sering_diajukan_dan_penjelasannya_(faq_bagian_2)

No comments

Setiap komentar Anda sangat berarti sekali untuk Blog Efriaman agar bisa menjadi lebih baik kedepannya. Berkomentarlah dengan baik demi kenyamanan bersama.

Tak ada yang bisa saya berikan selain ucapan terima kasih karena telah memberikan apresiasi terhadap artikel-artikel dan tulisan di Blog Saya ini.

Peringatan! Saya tidak pernah melarang untuk menggunakan pengguna Anonim namun setidaknya gunakanlah akun Anda atau minimal nama dan URL. No SARA, SPAM dan Sejenisnya !!